Wakil Bupati Lembata Jalani Vaksinasi Perdana

  • Bagikan

Pelaksanaan Vaksinasi pertama untuk tenaga medis dan pejabat publik di Kabupaten Lembata mulai dilakukan Rabu 3 Februari 2021. Pemberian vaksin sinovac ini dilaksanakan di Puskesmas Pada, Kota Lewoleba, Kabupaten Lembata.

Sebanyak 5 pejabat publik di Kabupaten Lembata menjadi orang pertama yang menjalani vaksinasi perdana di Puskesmas Pada, Kota Lewoleba. Sedangkan tenaga medis yang divaksin berjumlah 121 orang.

Kelima pejabat yang divasinasi tersebut adalah Wakil Bupati Thomas Ola Langoday, Petrus Gero (Ketua DPRD), Ridwan Sudjana (Kepala Kejaksaan Negeri Lembata), Markus Labi (Kadis Kominfo), dan Anselmus Bahi (Kepala Kesbangpol).

Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday usai menjalani vaksinasi mengatakan, dirinya tidak merasakan gejala apapun. Dirinya mengungkapkan bahwa vaksin Sinovak aman untuk yang tidak memiliki riwayat penyakit penyerta lainnya.

“Jadi saya menghimbau kepada masyarakat Lembata siapkan diri dengan baik untuk menerima vaksin ini. Dengan demikian setelah semuanya menerima vaksin ini bisa bebas beraktifitas seperti biasa dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, dr. Lucia Sandra saat dihubungi promoNTT.com mengatakan Vaksinasi ini bertujuan meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan Covid-19. Menurut dokter Lucia, ada 17 pejabat publik yang harus divasinasi hari ini, namun setelah dilakukan proses screening kesehatan yang lolos menjalani vaksinasi hanya 5 orang.

“Sesuai daftar peserta vaksin per tanggal 3 Februari 2021, seharusnya ada 17 pejabat di Lembata yang menjalani vaksinasi. Namun hanya lima orang yang lolos screening kesehatan,” kata dokter Lucia.

Pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Pada ini melibakan 16 orang tenaga kesehatan diantaranya dokter, bidan dan perawat. Sedangkan proses pelaksanaan vaksinasi harus melewati 4 tahapan yaitu tahapan registrasi, tahapan pemeriksaan kesehatan awal seperti pemeriksaan tensi darah, gula darah, kolesterol, selanjutnya tahap pemberian vaksin sinovak dan yang terakhir adalah observasi.
Untuk diketahui, kegiatan vaksinasi di Kabupaten Lembata hari ini dilaksanakan pada 9 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Lembata. (INT/PNT)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *