Romo Gerardus Salu: Dekenat Kefamenanu Batasi Pelayanan Rohani

  • Bagikan

SURAT edaran yang dikeluarkan Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr terkait pelayanan gereja di masa pandemi Covid-19 ini menekankan untuk lebih hati-hati dalam pelayanan, bahkan melarang beberapa pelayanan ke rumah umat. Seluruh kegiatan pelayanan rohani hanya boleh diadakan di dalam gereja. Hal ini dikatakan Romo Deken Kefamenanu, Rm. Gerardus Salu, Pr saat di temui media di ruangannya, Senin (25/01/2021).

“Pastor tidak turun lagi ke lingkungan untuk membuat misa, pelayanan sakramen komuni suci untuk sambut baru Juga tidak ada, permandian juga ditunda bahkan orang mati juga dilakukan di gereja”, ungkap Rm. Gerardus.

Romo Gerardus lalu menambahkan, “Acara perkawinan juga tidak di layani, pelayanan sakramen komuni untuk umat lebih dibatasi. Selain itu, pelayanan minyak suci pun ditiadakan.”

Menurutnya, hal ini diatur gereja untuk bisa mencegah penyebaran virus corona sehingga tidak menambah korban yang terjangkit penyakit berbahaya ini.

“Bapak uskup kembali menghimbau bahkan menguatkan kita agar apa yang dibuat oleh pemerintah diikuti oleh gereja”, tegas Romo Gerardus.

Dirinya menegaskan larangan-larangan itu harus dijalankan dengan tulus ikhlas oleh umat. Bahkan pastor yang melanggar pun juga akan dikenai sanksi dari pihak Gereja.

“Yang mati-matian tidak mau ikut ini, lalu yang membuat komuni pertama, pemandian dan mengumpulkan banyak orang untuk pesta, hal ini yang membuat para pastor mendapatkan hukuman disiplin dari bapak uskup sendiri”, jelas Rm. Gerardus

Dia juga mengatakan bahwa jangka waktu pembatasan layanan keagamaan yang dikeluarkan Uskup Atambua tersebut tidak ditentukan, karena pihak keuskupan akan terus mengikuti perkembangan dari virus Covid-19.

“Itulah inti dari surat bapak uskup terkait covid-19 yang boleh dikatakan tahap kedua untuk seluruh umat dalam keuskupan Atambua,yakni Dekenat Kefamenanu, Dekenat Mena, Dekenat Malaka dan Dekenat Belu Utara, berlaku untuk semua tanpa terkecuali”, tambah Rm. Gerardus. (LPMP/NT)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *