Optimalisasi Layanan Pajak, Samsat TTU Lakukan Kegiatan Samsat Keliling

  • Bagikan

KEFAMENANU- Dalam mengoptimalisasi pelayanan wajib pajak kendaraan bermotor dan meningkatkan pendapatan asli daerah pihak Samsat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) bekerjasama dengan Kepolisian Resort TTU serta UPTD Badan Pendapatan dan Aset Daerah (Bapenda) Kabupaten TTU melakukan kegiatan Samsat keliling, Senin (7/06/2021).

Kegiatan Samsat keliling tersebut akan berlangsung beberapa hari ke depan dan dikhususkan di Kecamatan Kota Kefamenanu.

Kepada Media Promontt.com, Maria Sarah, Kepala UPTD Badan Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten TTU, menegaskan bahwa ini bukan kegiatan tilang tetapi sebagai bentuk pelayanan pembayaran pajak terutama pajak kendaraan bermotor yang dilaksanakan melalui Samsat keliling.

“Tujuannya adalah untuk mendekatkan pelayanan terutama kepada wajib pajak dan juga untuk menggenjot penerimaan daerah melalui pajak kendaraan bermotor”, tegas Sarah.

Untuk jadwal ke depannya pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Kapolres TTU dalam hal ini Kasat Lantas untuk kegiatan Samsat keliling dilakukan pada pagi dan sore hari.

Selain itu, Sarah mengakui bahwa Kesadaran masyarakat untuk membayar pajak masih kurang. Namun sebagai warga negara yang baik, sarah berharap masyarakat tidak boleh mengabaikan kewajibannya karena melalui penerimaan pajak ini manfaatnya kembali ke masyarakat.

Sementara itu, Kasat Lantas, AKP. Firramudin mengungkapkan kegiatan tersebut bukan tilang namun hanya sebatas pendampingan bersama rekan-rekan dari Samsat untuk melakukan kegiatan Samsat keliling.

Kegiatan ini merupakan program yang dicetuskan oleh Samsat TTU sebagai bentuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terhadap wajib pajak kendaraan bermotor yang mungkin pajaknya sudah mati ataupun kelalaian lain.

“Tindakan kami murni sebagai pendampingan untuk mengecek kendaraan yang pajaknya sudah mati dan langsung diarahkan ke rekan-rekan Bapenda untuk dicatat dan beberapa tadi ada juga yang langsung bayar ditempat ada juga yang dikasih formulir untuk pada saat jam dinas ataupun jam buka pelayanan di samsat mereka akan melakukan pembayaran ke sana”, ungkap Koordinator Samsat TTU ini.

Dirinya menambahkan pihaknya hanya melakukan pendampingan terhadap rekan-rekan Samsat untuk meningkatkan penerimaan pajak di Kabupaten Timor Tengah Utara dan merupakan salah satu tugasnya Samsat yang didalamnya terdiri dari Jasa Raharja, Bapenda dan kepolisian. (POL/PNT)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *