Merry Sadipun: Ketahanan Pangan Mendorong Hidup Sehat, Aktif dan Produktif

  • Bagikan

LEMBATA– Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Lembata memberikan pelatihan kepada kader ditingkat kecamatan dan Desa terkait pengelolaan pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di aula Kopdit Ankara, Lewoleba, Kabupaten Lembata, Kamis (9/09/2021).

Kegiatan yang dibuka Plt.Ketua TP. PKK Kabupaten Lembata, Maria N. Sadipun tersebut diikuti perwakilan yang merupakan pengurus PKK tingkat Desa.

Dalam Sambutannya, Maria Sadipun menyampaikan akan pentingnya keberagaman pangan di dalam keluarga.

Dirinya mengungkapkan bahwa, untuk memenuhi ketahanan pangan keluarga cukup dengan memanfaatkan sumber pangan lokal, sehingga ada perbaikan konsumsi pangan. Selain itu, juga mendorong hidup sehat, aktif dan produktif.

Dia menambahkan program B2SA adalah upaya meningkatkan keanekaragaman ataupun selingan makanan yang dikonsumsi harian dalam keluarga.

Makanan yang dikonsumsi juga berdampak akan asupan gizi. Dengan gizi yang cukup dan seimbang maka pertumbuhan akan baik serta menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul kedepannya. Yang mana pada akhirnya bertujuan untuk mengentaskan angka stunting di Kabupaten Lembata.

Di sisi lain, dia menerangkan bahwa konsumsi pangan B2SA juga merupakan persyaratan terbentuknya kualitas generasi yang lebih baik. Sebab, dengan sajian menu berimbang dapat menghindarkan dari masalah kegemukan. Serta meningkatkan inteligensi anak.

Mantan Kepala UPT Tekomdik Provinsi Nusa Tenggara Timur yang biasa disapa Merry Sadipun ini, juga menaruh harapan besar dengan pemberian pelatihan B2SA bagi seluruh kader. Karena menurutnya hal tersebut merupakan upaya untuk mendorong kreatifitas dalam mengelola pangan lokal.

“Harapan saya agar kegiatan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam gerak percepatan penganekaragaman pangan lokal. Sehingga tujuan akhirnya membebaskan kabupaten Lembata dari stunting,” ungkapnya. (INT/PNT)

loading…
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan