Mengenal 2 Jenis Kopi Flores Dengan Cita Rasa yang Khas

  • Bagikan
banner 468x60

SALAH satu kopi dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terkenal di mancanegara adalah Kopi Flores. Kopi asal pulau Flores ini memiliki rasa yang unik dan khas bagi penikmat kopi hingga berbagai sensasi yang didapatkan dari Kopi Flores ini. Aroma bunga, karamel, dan kacang-kacangan yang semerbak, ditambah sensasi rasa tembakau menjadikan kopi ini adalah salah satu yang terunik di Indonesia.

Selain memiliki tempat yang indah, Flores mempunya kopi dengan kwalitas terbaik. ada dua jenis kopi yang sering disebut dari tanah Flores ini, yakni kopi bajawa dan Kopi manggarai.

banner 336x280

KOPI BAJAWA
Kopi bajawa berasal dari daerah Bajawa, Flores. Karakteristiknya cukup unik, dengan aroma yang kuat juga cita rasa yang kuat. Jenis kopi satu ini memiliki kadar air hingga 13 persen yang menjadikannya aman untuk dikonsumsi.
Kopi yang tumbuh di Bajawa adalah kopi yang ditanam di lereng gunung Inie Rie. Gunung yang terus berubah warna ketika pergantian musim ini termasuk gunung berapi yang masih aktif. Hal itu yang menyebabkan tanahnya adalah tanah vulkanik yang subur. Ciri khas lain dari kopi bajawa asal Flores adalah adanya wangi kayu yang eksotis, kental, dan tingkat keasaman yang seimbang.

KOPI MANGGARAI
Kopi ini berasal dari Manggarai. Daerah yang terbagi menjadi tiga kabupaten, antara lain Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur ini merupakan salah satu lumbung penghasil kopi yang sudah populer sejak era penjajahan. Kopi yang diproduksi di Manggarai, disebut-sebut sebagai salah satu komoditi kopi terbaik dunia dari Indonesia.

Kopi yang satu ini ditanam di ketinggian 1.100 hingga 1.300 meter dpl dengan total luas lahan kebun kopi mencapai 16.997 ha. Jumlah tersebut menghasilkan sekitar 5.289 ton kopi setiap panen, dengan sebagian besar jenis kopi robusta, dan sebagian kecil kopi arabika. Nah, kopi arabika yang diproduksi oleh daerah Manggarai menjadi salah satu kopi terfavorit, yang bahkan diekspor sampai ke Eropa, Timur Tengah, dan Asia.

Kelebihan kopi Manggarai terletak di cita rasanya yang sangat unik dan spesifik. Hal itu disebabkan wilayah Manggarai juga terpengaruh angin dari dua daerah, yakni iklim tropis Indonesia dan angin Australia. Menjadikan kopi yang ditanam memiliki cita rasa yang sangat unik. Tahun 2015, kedua jenis kopi dari Manggarai juga dinobatkan sebagai kopi terbaik Indonesia.

Nah… Untuk kedua kopi dari darat Flores ini sampai saaat ini telah memiliki ragam produk yang telah dipasarkan ke mancanegara. Untuk bisa mencicipinya, kini kopi Flores telah tersedia dipasar lokal atau di supermarket. Anda tinggal memilih produk sesuai dengan isi kantong anda. Selamat Menikmati! (*/DBS)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *