Marciana Jone Janji Tata Produk Hukum Berkualitas di NTT

MESKI baru empat bulan memimpin Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi NTT, namun Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, SH optimis untuk menata segala produk hukum di Provinsi NTT secara lebih berkualitas.

“Kami punya tanggungjawab moral untuk melaksanakan tugas pembangunan hukum di daerah ini. Nah, bagaimana tugas-tugas itu dapat terwujud ? Pertama, saya mulai dari bagaimana menata kembali regulasi di daerah ini; bagaimana Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Bupati atau Peraturan Kepala daerah atau peraturan DPRD itu harus lebih baik dan lebih berkualitas,” ucap Marciana Jone, Selasa (16/06/2020).

Agar sebuah produk hukum berkualitas maka sebut Marciana D. Jone, pihaknya akan menata proses pembuatan yang benar mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pengharmonisasian.

“Kita akan membuat assessment naskah akademik itu adalah mandat undang-undang. Selain itu, kami juga punya perancang perundang-undangan dan perancang ini akan berperan dalam penyusunan produk hukum daerah,” jelasnya.

Selain produk hukum di daerah yang berkualitas, Marciana D. Jone juga akan memastikan perlindungan kekayaan intelektual.

“Tugas kami yang kedua adalah bagaimana memastikan perlindungan kekayaan intelektual dapat berjalan. Kita lihat bahwa NTT sangat luar biasa kekayaan alamnya. Kita punya budaya yang sangat banyak. Kita punya tenun ikat tetapi sampai dengan saat ini perlindungan tenun ikat itu belum maksimal. Itu tugas kami. Jadi saya mendorong semua kabupaten harus didaftarkan semua indikasi geografi dan ekspedisi budaya tradisional,” pinta Marciana.

Disinggung soal wilayah kerja keimigrasian, Marciana Jone mengatakan, Provinsi NTT ini sangat luas.

“NTT ini kan sangat luas. Jadi kita punya Kantor Imigrasi yang pertama di Kota Kupang; ini kantor yang paling banyak pelayanannya. Kemudian ada Kantor Imigrasi Atambua. Kantor Imigrasi Labuan Bajo di Pulau Flores dan Kantor Imigrasi Maumere yang melayani 5 kabupaten,” jelas Marciana D. Jone. (*/PNT)

loading...

promoNTT.com

Tinggalkan Balasan

Next Post

Bikin SIM Gratis di HUT Bhayangkara, Ini Syarat-syaratnya

Sel Jun 16 , 2020
MENYAMBUT HUT Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli, beberapa kepolisian daerah di […]
error

Bagikan ke Teman

RSS
Follow by Email
Twitter
Instagram
%d blogger menyukai ini: