Click it!
Kembangkan Kerajinan Anyaman, Kelompok Ainan Craft Minta Dukungan Pemerintah Daerah | promoNTT.com

Kembangkan Kerajinan Anyaman, Kelompok Ainan Craft Minta Dukungan Pemerintah Daerah

KETERAMPILAN anyaman telah menjadi warisan budaya lokal yang diturunkan dari generasi ke generasi. Hal ini dimanfaatkan oleh kaum ibu dari kelompok wanita Ainan Craft Desa Susulaku A, Kecamatan Insana sebagai rutinitas mereka sehari-hari untuk menambah penghasilan rumah tangga.

Beranggotakan 25 orang, Kelompok Wanita “Ainan Craft” menjalani rutinitas dengan membuat kerajinan anyaman dari daun lontar di Lopo Kelompok, Desa Susulaku A, Kecamatan Insana, pada Sabtu (05/12/2020).

Pendiri kelompok “Ainan Craft”, Yohana Maria Viany Banusu mengatakan, kelompok yang berdiri pada tanggal 12 September 2020 ini dibentuk atas inisiatif dirinya untuk menghidupkan kembali kerajinan lokal berupa anyaman daun lontar yang hampir punah.

“Kita rangkul semua ibu-ibu yang mempunyai keterampilan menganyam, dengan melihat kebutuhan ekonomi mereka yang  sangat rendah, yang juga terbatas dalam mengakses pendidikan, kesehatan dan kebutuhan ekonomi”, kata Viany

Viany juga mengungkapkan kelompok ini tidak hanya melibatkan ibu-ibu saja namun membuka ruang dan kesempatan bagi kaum muda untuk bergabung dalam kelompok ini.

“Disamping kita membuka peluang, artinya kita juga menarik minat mereka untuk mereka juga lebih mengenal produk anyaman ini, sehingga kedepan kita kaum muda ini juga mampu meningkatkan anyaman ini”, ungkap Viany.

Lebih lanjut Viany mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah daerah dalam membantu peningkatan modal di kelompok ini.

“Semoga dengan adanya pembentukan kelompok ini, kami lebih di perhatikan karena sementara usaha ini juga berjalan berdasarkan modal sendiri”, harap Viany.

Selain itu, wanita lulusan salah satu universitas kesehatan ini juga menjelaskan bahwa, tujuan dari kelompok ini dibentuk untuk membantu ibu-ibu dalam meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga.

“Kita mau merangkul ibu-ibu dan mau meningkatkan penghasilan ekonomi mereka lewat menganyam sehingga ada penghasilan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari,” tambah Viany.

Rutinitas membuat kerajinan anyaman lokal oleh anggota kelompok Ainan craft dilakukan setiap seminggu sekali yakni setiap hari Sabtu di Lopo kelompok Ainan craft.

“Dalam satu kali pertemuan anggota kelompok,biasanya menghasilkan sekitar 15-25 buah hasil kerajinan anyaman dalam berbagai bentuk,seperti Dulang, topi, tas, pot bunga”, ungkap wanita lulusan jurusan kesehatan tersebut.

Terkait dengan pemasaran, Viany mengatakan hasil kerajinan anyaman lokal ini sudah dijual keluar daerah.

“Setelah kami memposting produk yang ada, banyak klien yang berminat dan sudah memesan dan kami sudah mengirimkan beberapa produk ke Provinsi, seperti di Kupang, Kefa maupun di Belu”, kata Viany.

Viany juga mengharapkan agar anggota kelompok tetap semangat dalam berkreasi membuat anyaman yang mampu bersaing di luar daerah.

“Semoga kelompok ini bisa berjalan dengan baik, dan tetap konsisten dengan tujuan yang sama yaitu bisa menjual hasil produk anyaman ini sampai ke luar daerah”,harap Viany.

Selain itu, Elisabeth Nese, salah satu anggota kelompok mengungkapkan untuk setiap hasil kerajinan anyaman lokal tersebut tidak di patok harga.

“Kami orang tua mau supaya kelompok ini berjalan lancar saja. Terus kami tidak buru untuk harga ini. Kami hanya harap bisa datang beli supaya kami punya pekerjaan ini cepat laku, karena kami orang tua juga butuh uang sedikit,” ungkap mama Elisabeth.

Sementara itu, Ketua PKK dan Dekranasda kecamatan Insana, Maria Magdalena Puji Lestari, yang juga hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan bahwa, dirinya akan membantu memfasilitasi ke Dekranasda kabupaten dalam membantu finansial kelompok ini.

“Saya datang untuk survei, dan setelah saya tahu, kami hanya bisa membantu dan memfasilitasinya ke Dekranasda Kabupaten untuk membantu dalam bentuk finansial”, ucap ketua PKK Kecamatan Insana.

Lanjutnya, “kebetulan kelompok ini juga sudah memiliki ijin operasional melalui Badan Penanaman Modal Daerah”. (LPM/PNT)

loading...

promoNTT.com

Next Post

Dinas PKO TTU Gelar Seminar Kepemudaaan

Sel Des 8 , 2020
DINAS Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Timor Tengah Utara, menggelar kegiatan […]
error

Bagikan ke Teman

RSS
Follow by Email
Instagram