Ini Dia Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas

  • Bagikan

SELAMA masa pandemi ini berlangsung, nyaris seluruh perusahaan memberlakukan kebijakan untuk bekerja dari rumah. Jika anda adalah seorang pekerja yang rutin menggunakan laptop, mungkin anda perlu beberapa tips untuk menjaga agar laptop anda tidak mengalami overheating selama proses bekerja dari rumah.

Kondisi akan terjadi secara wajar jika umur perangkat sudah menua. Selain itu, penggunaan yang salah juga bisa membuat overheating semakin parah.

Berikut Tips laptop tidak cepat panas, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan.

Rutin membersihkan kipas

Jika anda mulai merasakan laptop mulai panas, cek ventilasi laptop anda. Jika terasa hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali, mungkin debu sudah menumpuk pada kipas laptop anda. Bersihkan debu yang menumpuk di dalamnya dengan membuka mesin laptop. Jika kipas laptop anda ternyata rusak, ganti dengan kipas yang berfungsi normal.

Jangan gunakan laptop dengan cara dipangku

Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan laptop dengan cara dipangku atau diletakkan di atas kasur. Hal ini menyebabkan ventilasi laptop tertutup sehingga tidak dapat bekerja optimal. Hindari juga meletakkan benda-benda lain yang dapat memblok aliran udara pada laptop. Letakkan laptop pada permukaan yang keras dan datar. Bila perlu, tinggikan posisi laptop dengan mengganjal laptop dengan buku, atau menggunakan pendingin laptop.

Hindari memberikan beban berat pada laptop

Jika tidak terlalu dibutuhkan, kurangi penggunaan yang berlebih, misalnya dengan mengatur kecerahan layar, cabut perangkat lain yang terpasang jika tidak digunakan, tutup aplikasi yang tidak digunakan. Hindari juga pembaruan software yang tidak perlu.

Berikan waktu untuk istirahat

Laptop juga memerlukan waktu istirahat agar mesinnya tidak mengalami overheating dan berujung pada kerusakan. Atur waktu penggunaan laptop agar tidak berjalan terus-menerus. Selain itu, hal ini juga baik untuk kesehatan mata anda.
Dengan melakukan perawatan dan penggunaan yang tepat, laptop anda bisa bertahan selama 4 sampai dengan 5 tahun.(NET)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *