Hormati Tradisi Masyarakat, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Ikuti Acara Adat Panen Jagung

  • Bagikan

KEFAMENANU-Menghormati budaya atau kearifan lokal masyarakat setempat, personil Satgas Pamtas Yonarmed 3/105 Tarik yang bertugas di daerah perbatasan RI-RDTL menghadiri acara adat dan doa syukur dalam rangka panen jagung di Desa Fatuneno, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/02/2021).

Menghadiri acara adat dan doa syukur tersebut merupakan salah satu upaya Satgas untuk mendekatkan diri dengan masyarakat di tempat penugasan, di samping ikut serta melestarikan budaya itu sendiri.

Diungkapkan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han)., bahwa keberadaan Satgas di tempat tugas sangat erat hubungannya dengan masyarakat, sehingga tidak bisa lepas budaya atau kearifan lokal yang diyakini masyarakatnya.

“Acara adat ini sangat positif dan menarik, bahkan memiliki makna religius. Tujuan utamanya adalah sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan YME atas hasil panen yang telah diberikan sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat,” ucapnya.

Lanjut Dansatgas, Adat istiadat seperti ini perlu dipertahankan sebagai daya tarik budaya daerah setempat. Serta dapat mendidik generasi-generasi muda kita untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang dikaruniakan-Nya.

Tak lupa dirinya mengucapkan terimakasih atas undangan Kepala Desa Fatuneno yang telah memberikan kehormatan kepada Satgas untuk dapat menghadiri acara tersebut secara langsung dan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa memelihara dan mewariskan tradisi ini kepada anak cucu kita.

Kepala Desa Fatuneno Nesi Philips (67) mengucapkan terimakasih kepada personel Satgas Yonarmed 3/105 Tarik yang telah hadir dan ikut melancarkan kegiatan acara adat tersebut. “Terimakasih Pak sudah mau bergabung bersama kami. Kalau sudah purna tugas nanti jangan lupakan kebersamaan kita ya Pak”, ucapnya. (LPM/PNT)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *