Anda Wajib Tahu! Ini Kelebihan Telegram yang Tidak Dimiliki WhatsApp

  • Bagikan
banner 468x60

Memasuki tahun kesepuluh bagi WhatsApp sebagai aplikasi chatting dengan pasar terbesar di dunia. Akan tetapi, baru-baru ini WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru yang cukup kontroversi yaitu kebijakan privasi yang mengharuskan bagi setiap penggunanya untuk membagikan data ke Facebook per Februari 2021 mendatang.

Hal ini tentu menjadi peluang emas bagi aplikasi chatting lain yang cukup banyak digunakan yaitu Telegram. Bagi sebagian orang, kebijakan privasi baru WhatsApp dianggap dapat membahayakan dan disalahgunakan. Oleh karena itu, Telegram bisa menjadi opsi lain bagi kamu yang ingin meninggalkan WhatsApp karena permasalahan kebijakan privasi baru.

banner 336x280

Di samping itu, Telegram juga dilengkapi fitur-fitur yang dianggap lebih baik dibanding WhatsApp. Bisa dikatakan bahwa fitur-fitur tersebut tidak dimiliki oleh WhatsApp. Penasaran dengan fitur apa yang dimaksud? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Kapasitas Ruang Penyimpanan yang Tidak Terbatas

Salah satu keunggulan pertama yang dimiliki Telegram adalah kapasitas penyimpanan yang tak terbatas. Di mana, Telegram menggunakan sistem cloud storage untuk menyimpan setiap data secara aman, tidak memenuhi perangkat, dan mudah untuk diakses. Sistem penyimpanan tidak terbatas dan gratis yang disediakan oleh Telegram memungkinkan kamu untuk menyimpan segala jenis data file.

Mulai dari pesan, gambar, video, dan berbagai file lainnya dalam satu sistem penyimpanan. Tidak heran jika banyak orang yang mulai beralih ke Telegram sebagai salah satu aplikasi chatting online karena keunggulan-keunggulan tersebut.

Berbagi Data Media Tanpa Khawatir Kualitas Menjadi Turun

Ketika kamu berbagi foto maupun video ke sesama pengguna WhatsApp, biasanya kualitas yang dihasilkan akan menurun. Hal ini karena WhatsApp akan memangkas atau mengkompresi ukuran file sebelum dikirimkan agar memudahkan proses pengiriman data ke orang lain. Hal ini tentu akan membuat kualitas foto maupun video sering kali menjadi buram atau kurang jelas.

Dengan menggunakan Telegram, kamu tidak akan menemukan masalah tersebut. Hal ini karena Telegram biasanya akan memberikan pilihan ketika kamu akan berbagi file dengan sesama pengguna terlebih dahulu. Apakah kamu ingin melakukan kompresi atau langsung mengirimkan file berukuran asli. Dengan begitu, foto atau video yang kamu kirimkan tidak akan buram atau kurang jelas.

Menambahkan Teman dengan Menggunakan Username

Menambahkan teman atau kontak baru melalui WhatsApp, biasanya harus menggunakan nomor telepon yang harus disimpan di kontak WhatsApp terlebih dahulu. Sedangkan pada penggunaan Telegram, kamu tidak perlu menggunakan nomor telepon untuk menambahkan teman ke kontak Telegram. Cukup dengan menggunakan username Telegram, maka kamu bisa menambahkan kontak orang lain.

Hal ini diklaim Telegram agar aksi penyalahgunaan nomor telepon dapat dihindari sehingga keamanan privasi pengguna akan lebih terjaga nantinya.

Melakukan Edit pada Pesan yang Terkirim

Fitur yang tidak ada di WhatsApp, namun tersedia di Telegram adalah fitur edit pesan yang memungkinkan kamu untuk memperbaiki pesan yang sudah terkirim untuk diedit jika ada kesalahan ketik atau typo. Nantinya, penerima pesan akan menerima informasi bahwa pesan yang dikirim sudah diedit atau diganti penulisannya sehingga penerima pesan tidak akan mengetahui pesan asli jika belum membacanya.

Pesan Rahasia

Fitur selanjutnya adalah pesan rahasia atau secret chat yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan bersifat confidential. Di mana, secret chat menggunakan sistem enkripsi end-to-end yang membuat pihak lain di luar ruang chat tidak mengetahui pesan kamu termasuk pihak Telegram. Selain itu, fitur ini juga dilengkapi sifat self-destruct yang memungkinkan pesan terhapus dengan sendirinya pada periode waktu tertentu.

Grup dengan Kapasitas Lebih Besar

Jika WhatsApp membatasi sebuah chat grup dengan anggota sebanyak 256 kontak saja, maka Telegram dapat menampung kontak hingga 5.000 anggota dalam satu grup chat yang disebut Supergroup. Ditambah dengan fitur-fitur lengkap di dalamnya yang dapat kamu gunakan seperti pin, hashtag, pesan tertentu, dan masih banyak lainnya.

Menyembunyikan Fitur Last Seen pada Sebagian Kontak

Fitur last seen memang sering kali digunakan pada WhatsApp untuk menghindari aktivitas yang kamu lakukan di aplikasi tersebut, tidak diketahui kontak yang dimiliki. Fitur ini juga ada di Telegram, hanya saja kamu bisa mengatur siapa saja kontak yang bisa melihat dan tidak dapat melihat last seen tersebut sesuai dengan preferensi.

Login di Banyak Perangkat

WhatsApp hanya memberikan kamu akses untuk bisa login di dua perangkat saja yaitu satu smartphone dan satu di desktop. Sementara di Telegram, kamu bisa login di beberapa perangkat secara bersamaan. Misalnya saja, kamu ingin login di dua perangkat smartphone secara bersamaan, maka hal tersebut bisa dilakukan.

Mengirim File dalam Kapasitas Jumbo

Aplikasi WhatsApp hanya bisa digunakan untuk mengirim file ke sesama penggunanya dengan maksimal 16MB saja. Jika melebihi ukuran tersebut, maka kamu harus memangkas kualitas file terlebih dahulu. Sementara di Telegram, kamu dapat mengirim file dengan ukuran lebih besar yaitu sebesar 2GB di format apapun.

Kebijakan Privasi Lebih Terjaga

Kebijakan privasi yang diberikan kepada para penggunanya tentu menjadi alasan kamu untuk menggunakan aplikasi Telegram. Di mana, ada dua protokol standar yang ditetapkan yaitu sebagai berikut:

Pesan biasa akan terenkripsi dengan client-server atau pihak Telegram dapat mengakses pesan pengguna dengan catatan, pengguna menyalahgunakan aplikasi untuk kegiatan yang berkaitan dengan tindak pidana.
Pesan dalam Secret Chat tidak dapat diakses siapa pun termasuk pihak Telegram yang tidak memiliki akses, kecuali orang yang ada di dalam percakapan.
Sementara untuk pengumpulan data yang diminta Telegram hanya sebatas informasi kontak, username, serta nomor telepon. Sementara bagi WhatsApp ada lebih banyak data yang dikumpulkan seperti lokasi, email, kontak pada smartphone, data pengiklan, hingga perangkat yang digunakan.

Itu dia fitur-fitur yang ada dan alasan kamu untuk menggunakan Telegram dibanding WhatsApp. Akan tetapi, keputusan balik ke diri kamu dengan aplikasi chatting mana yang bisa menyesuaikan kebutuhan. Sama halnya dengan memilih tempat untuk mendapatkan produk gadget pilihan, kamu harus memilih tempat yang aman dan tepercaya seperti di Eraspace.

Ada banyak pilihan produk gadget dari brand-brand ternama yang bisa kamu sesuaikan dengan pilihan. Yuk, kunjungi Eraspace melalui website atau download aplikasinya di smartphone kamu untuk mendapatkan produk gadget impianmu sekarang. (*/NET)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *