Update Covid-19 Provinsi NTT 16 April 2020: Kontrol Jalur Perhubungan Darat Dan Udara Diperketat | promoNTT.com

Update Covid-19 Provinsi NTT 16 April 2020: Kontrol Jalur Perhubungan Darat Dan Udara Diperketat

Keseluruhan jumlah Orang Dalam Pemantauan dan Pasien Dalam Pengawasan dari 22 kabupaten dan kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur hingga Kamis (16/4/2020) tercatat 779 ODP, 18 PDP dan satu positif.

Dalam keterangan pers yang disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Jelamu Ardu Marius, 577 orang yang sebelumnya berstatus ODP telah dinyatakan sembuh atau selesai masa pemantauan, 767 orang sedang menjalani karantina mandiri dan 12 orang dirawat di rumah sakit.

Sedangkan jumlah PDP masih sama dengan laporan sebelumnya, yakni 18 orang, dengan rincian 12 orang dirawat di rumah sakit dan enam orang dipantau di rumah. “Untuk satu pasien yang positif saat ini masih dirawat di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang dan keadaannya stabil,” jelas Marius.

Sampel yang dikirim hingga hari ini berjumlah 55, dengan 35 hasil negatif, satu positif dan 19 lainnya masih menunggu hasil dari laboratorium Kementrian Kesehatan di Jakarta. Menanggapi situasi ini, Marius menyampaikan upaya-upaya Pemerintah Provinsi terkait desain perencanaan pembangunan social dan ekonomi sebagai dampak dari wabah Covid-19. Salah satunya dengan melakukan refocusing APBD 2020 untuk penanggulangan Covid-19 senilai 1,14 Triliun dan juga memperketat jalur masuk ke Provinsi NTT terutama melalui laut dan udara.

Infografis Persebaran Kasus Covid-19 di Provinsi NTT 16 April 2020. (sumber: Pusdalops NTT)

Sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, kontrol di pintu-pintu masuk baik itu pelabuhan laut maupun bandar udara diperkuat. “Untuk sementara pemerintah hanya mengizinkan pelayaran untuk barang dan logistik lainnya, dan membatasi bahkan menutup pelayaran untuk penumpang,” jelas Marius.
Sedangkan bandara, sampai saat ini masih beroperasi karena beberapa alasan. Salah satunya adalah ketergantungan terhadap logistik kesehatan dari luar NTT dan juga sampel yang harus dikirim ke Jakarta. (MCS)

loading...

promoNTT.com

Tinggalkan Balasan

Next Post

Sopir Pengantar Warga Negara Timor Leste Jalani Rapid Test Hari Ini

Sen Apr 20 , 2020
TIM Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), bekerjasama dengan tim […]
error

Bagikan ke Teman

RSS
Follow by Email
Instagram